Senin, 13 Juni 2011

Surabaya, Kota Terbersih se-Indonesia




Memasuki usia ke-718, Kota Surabaya kembali memperoleh penghargaan Adipura sebagai kota paling bersih kategori metropolitan. Piala Adipura keenam itu pun diarak dari Bandara Internasional Juanda ke Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Rabu (8/6/2011).

Setibanya di Taman Surya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, penghargaan tersebut adalah bukti kerja keras warga dan seluruh elemen yang menghargai lingkungannya.
Tahun ini Surabaya, selain menerima Adipura, juga Kalpataru kepada Lulut Sri Yuliani dan lima sekolah menerima Adiwiyata, serta penghargaan taman terbaik.

“Baru tahun ini Surabaya benar-benar nomor satu soal kebersihan, meski sudah enam kali memperoleh Adipura,” kata Tri Rismaharini di depan sekitar 2 .000 pasukan kuning, pasukan hijau dan pasukan merah yang khusus membersihkan pematusan.
Risma juga mengingatkan agar Adipura bisa kembali diterima pada 2012. Warga Surabaya pun diingatkan bila menginginkan Piala Adipura kembali pada 2012, sebaiknya warga Surabaya harus bekerja lebih keras. “Warga Surabaya harus kerja lebih keras daerah lain juga ingin menjadi yang terbaik,” katanya.
Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan, penilaian tertinggi syarat untuk bisa meraih Adipura adalah partisipasi masyarakat. “Keterlibatan warga harus nyata, sehingga perlu terus diberi pengertian agar seluruh warga dengan sukarela menjaga lingkungannya,” katanya.

Salah satu faktor keberhasilan Surabaya menjaga lingkungan, kata dia, dengan kehadiran sekitar 26.000 kader lingkungan hingga tingkat rukun tetangga (RT).

Keberadaan kader lingkungan bisa memotivasi warga di sekitarnya untuk bersama-sama menjaga lingkungan, sehingga bersih dan hijau. Faktor pendukung lain banyak perusahaan dan instansi juga terlibat dalam program menanam pohon, termasuk fasilitas perawatan taman.

Sumber : blog.indojunkers.com


Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar