Kamis, 26 Mei 2011

Mengintip Perayaan Maulid Di Nambangan Cumpat





Keceriahan warga dan antusias dalam Perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Di Nambangan Cumpat : 

Indonesian Muslim in Kenjeran beach, Surabaya, celebrated Prophet Muhammad's Birthday (Maulid Nabi) today. They held a parade by reading blessings and hang the colourful veils as street decoration. Surabaya, Indonesia. 14/02/2011.
Setiap tahun warga Nambangan Cumpat, Kelurahan Kedung Cowek mengadakan peringatan hari besar islam terutama hari kelahiran nabi Muhammad SAW. 


Acara peringatan tersebut dilaksanakan dengan : 

1.  Kirab Maulid 

Kirab Maulid dilaksanakan pada sore hari sepanjang jalan Nambangan Cumpat, dihadiri oleh 12 TPA yang berada di wilayah Nambangan Cumpat dan 2 s/d 3 TPA dari luar wilayah Nambangan Cumpat . 
Peserta yang rata-rata anak kecil tersebut pastinya turut mengundang orang tua untuk ikut terlibat didalamnya, membuat suasana semakin ramai. 


2. Maulid (yang familiar disebut dengan maulud bagi warga sekitar)

Acara ini dilaksanakan setelah sholat magrib, di setiap mushollah dan masjid dan TPA di wilayah tersebut.   




3. Pengajian Umum
untuk hari terakhir / acara penutup biasanya dilaksanakan dengan pengajian umum di lapangan depan kelurahan kedung cowek atau di pertigaan jalan nambangan cumat. 

Acara tersebut dilaksanakan semata-mata untuk mencari syafaat Rhasulullah Muhammad SAW. dan merupakan acara yang mempererat tali silaturrahmi antar warga nambangan cumpat dan banyak manfaat yang dapat diperoleh dari acara ini. 

Hal tersebut sudah merupakan kebudayaan warga nambangan cumpat sejak dahulu sampai sekarang. dan semoga akan tetap lestari pada masa mendatang dan dapat menjadi inspirasi bagi warga kampung yang lain.. amiin 



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar